Resep Tamagoyaki, Makanan Khas Jepang yang Disukai Anak

     Resep Tamagoyaki, Makanan Khas Jepang yang Disukai Anak

    ilustrasi Tamagoyaki. (foto: NYT Cooking)

    Tamagoyaki merupakan masakan khas Jepang yang terbuat dari bahan utama telur. Sesuai namanya, dalam bahasa Jepang “Tamago” berarti telur, sedangkan “Yaki” berarti goreng, hidangan satu ini dibuat dengan cara menggulung beberapa lapisan telur yang digoreng. Apa kalian pernah mencobanya?

    Sekilas hidangan satu ini mirip dengan telur dadar yang biasa kita makan, namun memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Tamagoyaki Jepang asli memiliki tekstur yang benar-benar lembut dan rasa yang manis, sedangkan telur dadar Indonesia teksturnya agak kasar dan rasanya asin. Keduanya tentu sama-sama enak dengan ciri-ciri dan keunikannya masing-masing.

    Untuk menciptakan telur yang lembut, ada rahasianya. Setelah diberi bumbu, telur yang sudah dikocok hingga rata, disaring terlebih dahulu sebelum akhirnya dimasak. Mengocok telurnya juga harus dengan lembut dan jangan sampai berbusa yah.

    Hidangan Tamagoyaki ini biasanya menjadi salah satu topping sushi, atau bisa juga menjadi lauk dalam kotak bekal. Di Jepang, makanan satu ini menjadi salah satu makanan yang disukai oleh anak-anak karena rasanya yang cenderung manis.

    Penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Nah berikut di bawah ini resep Tamagoyaki sederhana, tentu saja bahan serta rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Selamat mencoba!

    Bahan-bahan yang dibutuhkan:

    • 3 butir telur ukuran sedang
    • 1 batang daun bawang, iris tipis
    • 1/2 buah wortel kecil, potong dadu kecil
    • 1/4 sendok teh garam
    • 1/8 sendok teh merica bubuk
    • Sedikit minyak

    Cara membuat:

    1. Kocok telur dalam mangkuk.
    2. Masukan daun bawang, wortel, garam, dan merica yang sudah dipotong sebelumnya ke dalam telur. Aduk semua bahan hingga rata.
    3. Panaskan teplon dengan sedikit minyak di atasnya (jika teplon anti lengket, kalian bisa memasaknya tanpa menggunakan minyak).
    4. Masukan campuran telur sedikit demi sedikit, sehingga membentuk lapisan tipis.
    5. Lalu selanjutnya gulung telur tersebut. Masukan kembali telur, dan gulung. Ulangi hingga telur habis.
    6. Angkat telur dan potong-potong, lalu sajikan. Selamat menikmati!
    Baca Juga  Cara Membuat Gateau a La Broche, Kue Legit khas Prusia

    Related post