Resep Otok Goreng, Olahan Kacang Khas Madura

     Resep Otok Goreng, Olahan Kacang Khas Madura

    ilustrasi Otok goreng. (foto : istimewa)

    Otok merupakan makanan khas Madura. Makanan ini terbuat dari biji kacang panjang yang dijemur hingga kandungan air di dalam bijinya hilang. Sebelum dijemur, biji tersebut tentunya terlebih dahulu dicuci. Setelah kering, kemudian biji kacang panjang digoreng sampai kering. Lalu ditaburkan campuran bumbu-bumbu, cabai, gula, dan garam.

    Otok original memiliki rasa asin dan gurih, namun sekarang makanan ini juga hadir dalam berbagai macam variasi rasa, mulai dari asin, keju, dan juga asam manis. Hidangan satu ini dijadikan sebagai camilan ketika bersantai oleh masyarakat Madura. Jika kalian berkunjung ke Madura, kalian juga bisa membeli camilan ini sebagai salah satu oleh-oleh khas Madura.
    Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari otok goreng pamekasan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Jadi kalian harus memperhatikan hal-hal tersebut sebelum membuat otok ini ya.

    Untuk kalin yang sudah penasaran dengan rasa otok dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, kalian bisa mengikuti resepnya di bawah ini ya. Selamat mencoba!

    Bahan-bahan yang digunakan:

    • 500 gram otok atau kacang tholo atau kacang ose
    • 3 siung Bawang putih
    • Secukupnya Garam
    • 3 sdm Gula pasir
    • 50 gram Gula merah
    • Cabai besar
    • Cabai rawit

    Cara membuat:

    1. Rendam otok selama kurang lebih 4 jam.
    2. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Setelah itu, rebus dengan presto bersama 4 siung bawang putih geprek dan garam secukupnya selama kurang lebih 10 menit dan kemudian tiriskan.
    3. Setelah itu goreng dengan minyak banyak. Nah, jika sudah mulai meletup-letup, tutup wajan supaya kalian tidak terkena percikan minyak panas. Jika kacang sudah mengambang semua, berarti kacangnya sudah matang dan sudah bisa diangkat, lalu ditiriskan.
    4. Haluskan bawang putih, cabai besar, dan cabai rawit. Sisir gula merah.
    5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut hingga layu, lalu kemudian beri sedikit air. Masukkan garam, gula merah dan gula pasir. Tunggu hingga meletup-letup atau berbusa.
    6. Masukkan otok goreng. Aduk hingga merata. Koreksi rasa, jika sudah pas angkat otok dan hidangkan. Selamat menikmati.
    Baca Juga  Sego Godog yang Lezat dan Resep Masakannya

    Related post