Resep Ikan Bandeng (Pallu Ce’la), Masakan Andalan Ibu-ibu Makassar

     Resep Ikan Bandeng (Pallu Ce’la), Masakan Andalan Ibu-ibu Makassar

    Resep Ikan Bandeng (Pallu Ce’la), Masakan Andalan Ibu-ibu Makassar

    Pallu Ce’la merupakan makanan yang sering sekali dihidangkan oleh ibu-ibu Bugis Makassar ketika musim hujan mulai datang. Sesuai arti dari nama masakan ini, yaitu Pallu yang berarti Masak, dan dan Cella yang berarti Garam, Pallu Ce’la ini merupakan masakan ikan bercita rasa asin dengan aroma khas kunyit. Masakan ini bisanya dapat dibuat dengan beragai jenis ikan, seperti ikan Cakalang, Layang, Bolu, Sibula’ atau Tembang. Masakan ini juga bisa tahan hingga beberapa hari loh. Rasanya yang khas sudah pasti sangat menggiurkan. Oh iya, hdangan satu ini paling nikmat jika dihidangkan bersama nasi hangat dan juga raccak taipa sebagai pelengkapnya.

    Pallu Ce’la biasanya dibuat dengan bumbu-bumbu yang sederhana dan mudah, yaitu antara lain garam serta kunyit saja. Dalam pembuatan makanan khas Bugis Makassar ini, ikan harus dimasak dengan bumbu-bumbu yang sudah disebutkan tadi, kemudian dicampurlah bahan-bahan tersebut dengan air. Kemudian ikan akan didiamkan sampai betul-betul meresap, sehingga rasa garam sarta aroma kunyit merata ke dalam ikan.

    Untuk kalian yang sudah penasaran dengan resepnya dan ingin mencoba membuat hidangan ini sendiri di rumah, yuk simak bersama! Dilansir dari liputan6.com, berikut di bawah ini resep Juku Pallu Ce’la khas Bugis Makassar. Selamat mencoba!

    Bahan Pallu Ce’la:

    • 2 ekor ikan Layang atau bolu (bandeng)
    • 2 gelas air
    • 1 sdm garam
    • 1 sdt kunyit bubuk
    • Penyedap rasa secukupnya

    Bahan raccak taipa (Pelengkap):

    • 1 buah taipa (mangga muda)
    • Air secukupnya
    • Garam secukupnya
    • Penyedap rasa secukupnya
    • 3 buah cabe rawit
    • Terasi secukupnya

    Cara membuat Pallu Ce’la:

    1. Bersihkan ikan layang atau bolu, buang insan dan isi perutnya, lalu cuci hingga bersih.
    2. Sisik ikannya jangan dibersihkan, biarkan saja tetap ada. Setelah bersih, ikan lalu dimasukkan ke dalam panci yang berisi air, bersamaan dengan memasukkan kunyit dan garam.
    3. Didihkan hingga ikan berubah berwarna kuning dan mengental. Setelah itu beri penyedap rasa lalu,aduk hingga merata.
    4. Koreksi rasa, tambahkan bila ada yang kurang. Jika rasa sudah pas, angkat dan sajikan.
    Baca Juga  Keripik Keladi, Resep Si Renyah Gurih Khas Papua

    Cara membuat sambal raccak taipa sebagai menu pendamping ikan pallu ce’la:

    1. Kupas mangga terlebih dahulu, kemudian mangga tersebut boleh dicincang juga mudahnya bisa menggunakan parutan keju. Setelah itu siapkan cabai rawit dan terasi yang telah dicobek bersama dan campurkan dengan mangga yang telah dicincang atau diparut. Jangan lupa beri garam atau penyedap rasa dan aduk hingga merata.

    Related post