Resep Gabin Tape, Jajanan Renyah Enak Legendaris

ilustrasi Gabin Tape. (foto: shutterstock)

Resep Gabin Tape, Jajanan Renyah Enak Legendaris

Camilan tradisional yang akan kita bahas kali ini adalah Gabin Tape. Camilan satu ini sudah terkenal sejak tahun 1990-an dan memiliki rasa yang manis dan tekstur yang garing luar dan dalam. Satu gigitannya saja sudah cukup untuk membuat siapapun yang mencobanya ketagihan.

Dilansir dari kompas.com, Kunci agar kue gabin tape yang kita buat tidak pecah saat digoreng adalah tape yang menjadi isiannya harus padat, sampai benar-benar tidak bercelah. Setelah itu, goreng kue gabin tape dengan minyak yang sudah panas. Selain tips di atas, kamu juga harus menakar dengan tepat adonan isi gabin agar mudah dipadatkan.

Camilain yang populer di Samarinda ini memiliki bentuk persegi dan mirip dengan sandwich, hanya saja jika sandwich menggunakan roti, kue ini menggunakan gabin atau biscuit sebagai pengganti roti.

Camilan ini memang terlihat sederhana, namun rasanya terkenal mewah! Selain tape, gabin juga bisa diisikan dengan berbagai isian, seperti vla vanila atau rogut yang terbuat dari sayur-sayuran. Apa kalian tertarik untuk mencoba camilan satu ini? Jika iya, yuk simak resep kue Gabin di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan-bahan yang diperlukan:

Cara membuat:

  1. Buang sumbu tape, dan kemudian haluskan.
  2. Setelah halus, tambahkan gula pasir dan susu kental manis. Jika tekstur tape masih agak terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung terigu.
  3. Ambil 1 lembar gabin, tambahkan adonan tape sebanyak 50 gram, lalu tutup dengan 1 lembar gabin lagi, rekatkan dan rapikan pinggirnya.
  4. Siapkan penggorengan dengan minyak yang cukup untuk membuat permukaan gabin tertutup seluruh atau separuhnya. Panaskan dengan api sedang. Dalam kondisi minyak panas, masukkan gabin tape. Goreng beberapa menit lalu balik. Setelah terlihat kecokelatan, segera angkat dan tiriskan dari minyak. Sajikan gabin dan selamat menikmati!
Exit mobile version