Resep Dolma, Makanan Lezat Bungkus Daun Anggur Khas Timur Tengah

     Resep Dolma, Makanan Lezat Bungkus Daun Anggur Khas Timur Tengah

    ilustrasi dolma. (foto : armeniatourinfo)

    Dolma merupakan hidangan dengan isian sayuran. Hidangan biasa ditemui di daerah Timur Tengah dan wilayah sekitarnya yang meliputi Balkans, Kaukasus, Rusia dan Asia Tengah. Dolma sendiri berasal bahasa Yunani, dolmades atau dolmadaki yang memiliki arti diisi. Cara pembuatan dolma sendiri memang diisi. Yang di mana daun anggur yang telah dibersihkan diisi dengan isian berupa sayuran atau daging yang kemudian direkatkan setiap sisinya.

    Sayuran yang umum digunakan sebagai isian hidangan satu ini meliputi tomat, paprika, bawang bombay, zucchini, terong, dan bawang putih. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ada versi Dolma yang menambahkan daging cincang sebagai isiannya.

    Tidak heran jika sekilas penampilan hidangan ini terlihat seperti lemper khas Indonesia. Bedanya terletak dari daun pembungkusnya, jika leper dibungkus dengan daun pisang yang tidak bisa dimakan, Dolma dibungkus dengan daun anggur ataupun bisa juga dengan kubis hingga paprika yang pastinya bisa dimakan.

    Jika kalian tertarik untuk membuat hidangan ini, yuk kita simak resepnya bersama. Dilansir dari idntimes.com, berikut di bawah ini resep Dolma yang bisa kalia buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

    Bahan Utama:

    • 500 gram daging sapi cincang
    • 2 buah tomat berukuran sedang, cincang halus
    • 150 gram beras
    • 5 sdm minyak zaitun
    • 3 bawang bombai, cincang
    • 1 ikat peterseli
    • 300 gram daun anggur
    • 1 sdm perasan lemon
    • 2 kentang berukuran besar, iris
    • 1 sdt daun mint kering atau segar yang dicincang
    • Garam dan merica secukupnya

    Bahan Saus Tomat:

    • 1 sdm minyak zaitun
    • 1 sdm pasta tomat
    • sesendok makan daun mint kering atau segar
    • 1 buah tomat besar, potong dadu
    • 2 siung bawang putih, cincang
    • 1 sdm perasan lemon

    Cara membuat:

    1. Letakkan panci yang berisi air di atas api sedang, kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun, dan biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan daun anggur dan biarkan 3-4 menit, kemudian angkat.
    2. Pindahkan daun ke dalam air dingin dan tiriskan menggunakan saringan. Buang batang yang masih menempel di daun.
    3. Rendam beras dalam air selama sekitar 15 hingga 20 menit. Sambil menunggu, panaskan minyak zaitun di atas wajan besar, masukkan bawang bombai dan masak sebentar.
    4. Setelah itu, tambahkan daging giling, bumbui daging dengan garam dan merica sesuai selera. Aduk hingga rata dan masak sampai berubah warna menjadi kecokelatan. Angkat dan biarkan daging agak dingin.
    5. Tiriskan beras yang sudah anda rendam sebelumnya. Campurkan daging, beras, mint, peterseli, dan bumbui sedikit garam serta merica dalam mangkuk besar. Tambahkan sedikit minyak, dan aduk agar semua bahannya tercampur rata.
    6. Letakkan daun anggur di atas talenan, letakkan satu sendok campuran beras-daging ke tengah daun anggur. Lipat sisi kiri dan kanan daun, kemudian gulung dengan hati-hati mulai dari bagian bawah. Ulangi sampai semua isian habis.
    7. Selanjutnya, lapisi panci dengan minyak zaitun, setelah itu masukkan irisan kentang hingga menutupi bagian dasar panci agar daun anggur tidak menyentuh dasar panci. Kemudian, letakkan daun anggur yang sudah anda isi ke atas kentang dengan susunan yang rapi.
    8. Taburi dengan garam dan merica secukupnya. Jika susunan daun anggur lebih dari satu lapisan, maka taburi setiap lapisan dengan minyak zaitun, garam, dan merica. Setelah selesai, tambahkan air lemon dan beberapa potong lemon ke atasnya.
    9. Letakkan piring bundar kecil di atas daun anggur di dalam panci untuk mencegahnya mengambang saat anda masak. Tambahkan air mendidih untuk menutupi daun anggur dan piring sepenuhnya.
    10. Setelah itu, tutup panci dan masak dengan api sedang selama 30 menit, hingga sebagian besar air terserap dan nasi matang. Angkat dari api dan biarkan dingin tanpa penutup. Pindahkan ke piring untuk dihidangkan.
    11. Panaskan minyak zaitun dalam panci dengan api kecil. Tambahkan pasta tomat dan daun mint kering, masak sekitar satu menit. Tambahkan tomat potong dadu, bawang putih cincang, dan air lemon. Masak sampai tomat empuk, sekitar 10 menit. Tuang saus ini di atas dolma. Dolma pun siap anda sajikan dan nikmati.
    Baca Juga  Resep Karaage Simple Lezat Enak Khas Jepang

    Related post