Cara Memasak Lokan dan Resep Masakannya

     Cara Memasak Lokan dan Resep Masakannya

    Cara Memasak Lokan dan Resep Masakannya

    Cara Memasak Lokan – Lokan adalah jenis kerang yang dapat ditemui di daerah pesisir sungI ataupun tepi pantai saat air sedang surut. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, Kandungan gizi yang terdapat pada Lokan, termasuk tinggi. Lokan mengandung air, energi, protein, fosfor, zat besi di dalamnya. Berdasarkan kandungan gizi yang tinggi tersebut, lokan dapat memberikan banyak manfaat pada sistem peredaran darah, sistem integumen, sistem kekebalan tubuh, sistem saraf dan otak dan masih banyak lagi.

    Biasanya masyarakat Bangka Belitung memasak Lokan Laut dengan cara merebus, tidak menutup kemungkinan juga masyarakat mengolahnya menjadi jenis makanan lainnya. Saya pribadi menyukai Lokan Rebus karena rasanya lebih segar dan bahan-bahan yang kita butuhkan pun lebih sederhana. Dilansir dari cookpad, berikut resep Lokan Laut Rebus. Selamat mencoba!

    Bahan-bahan :

    • 2 kg lokan laut
    • 4 batang serai
    • 4 siung bawang putih
    • 1 sdt gula
    • 1 sdt garam

    Cara memasak Lokan :

    1. Rendam dan cuci hingga bersih lokan yang sudah anda siapkan. Cuci hingga kurang lebih 3-4 kali untuk membersihkannya dari lumpur ataupun pasir.
    2. Geprek bawang putih dan serai
    3. Didihkan air secukupnya, kira-kira sampai lokan terendam sepenuhnya, masak air sampai mendidih.
    4. Masukkan serai dan bawang putih. Apabila air sudah berubah warna dan sudah tercium bau harum, masukan lokan. Masak sampai lokan terbuka dengan sendirinya.
    5. Masukan garam dan gula sesuai selera.

    Kandungan Gizi :

    Lokan (Polymesoda placans) adalah jenis kerang-kerangan yang banyak terdapat di lumpur pinggir laut. Seperti yang kita ketahui bahwa kerang merupakan sumber protein hewani yang lengkap, yaitu mengandung zat-zat gizi yang menyehatkan dan bisa membuat awet muda, serta mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Kerang juga kaya akan vitamin larut lemak (A, D, E, dan K), vitamin larut air (B1, B2, B6, B12, dan niasin), serta merupakan sumber utama mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti iodium (I), besi (Fe), seng (Zn), selenium (Se), kalsium (Ca), fosfor (P), kalium (K), flour (F), dan lain-lain. Selain itu, kerang mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Baca Juga  Pantiaw, Resep Kuliner Khas Bangka yang Gurih

    Keunggulan lain dari kerang yaitu memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, tetapi kadar asam lemak tak jenuh (omega-3) cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi omega-3 yang cukup, peredaran darah lebih mudah lancar sehingga mencegah terjadinya hipertensi.

    Selamat mencoba sobat Delish!!..

    Related post