Amparan Tatak, Resep Kue Manis Gurih Khas Kalsel

     Amparan Tatak, Resep Kue Manis Gurih Khas Kalsel

    Amparan Tatak, Resep Kue Manis Gurih Khas Kalsel

    Amparan Tatak merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kue ini terbuat dari dari tepung beras yang kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya, termasuk irisan pisang yang tentunya tidak lupa ditambahkan. Makanan satu ini memiliki aroma yang sangat harum karena ditambahkan dengan daun pandan. Rasa harum itu pun semakin lengkap dengan rasa gurih yang timbul karena campuran santan pada adonan.

    Walaupun rasa Amparan Tatak manis, namun rasa tersebut tidak membuat eneg. Menurut Tribunnewswiki.com, makanan satu ini tak bisa sembarangan mengolahnya. Masyarakat setempat percaya, amparan tatak dan kue-kue basah khas Banjar lainnya, wanita tidak boleh mengola jika sedang dalam masa haid. Konon, jika pantangan ini ada yang melanggar, amparan tatak yang dibuat akan memiliki cita rasa yang tak lezat, hingga warna dan bentuk yang tak menarik.

    Untuk kalian yang ingin mencoba membuat kue ini sendiri di rumah, caranya cukup mudah, tinggal ikuti resep Amparan Tatak di bawah ini ya. Selamat mencoba!

    Bahan-bahan lapisan bawah:

    • 8 buah pisang raja, potong kecil-kecil
    • 200 gram tepung beras
    • 100 gram gula pasir
    • 500 ml santan cair
    • 1/2 sdt garam
    • 1 sdt vanilli
    • 2 lembar daun pandan

    Bahan-bahan lapisan atas:

    • 70 gram tepung beras
    • 200 ml santan kental
    • 1/2 sdt garam

    Cara Membuat:

    1. Langkah pertama, buat rebusan santan terlebih dahulu. Masukkan santan cair ke dalam panci bersama gula, garam, dan 2 lembar daun pandan yang kamu simpulkan. Rebus bahan-bahan tersebut sampai larut dan mendidih.
    2. Campurkan tepung beras dan rebusan santan sebagai adonan lapisan bawah. Siapkan wadah, lalu taruh tepung beras dan vanilli. Tuang rebusan santan yang masih panas sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan seperti bubur sum-sum. Ambil 3/4 adonan tersebut dan tuangkan ke dalam loyang yang terlebih dahulu olesi minyak goreng agar tidak lengket, kukus selama 15 menit.
    3. Adonan tepung beras yang tersisa bisa kamu campurkan dengan pisang raja yang sudah kamu kecil-kecil. Kemudian aduk rata adonan yang sudah dicampurkan pisang.
    4. Setelah 15 menit, ambil kukusan adonan pertama lalu tuang adonan pisang ke dalam loyang lagi. Kukus lembali selama 15 menit.
    5. Membuat lapisan atas kue amparan tatak pisang.
    6. Campurkan santan kental, tepung beras, dan garam ke dalam panci. Rebus ketiga bahan tersebut hingga mendidih yang ditandai dengan munculnya letupan buih.
    7. Aduk adonan untuk memastikan tepung beras tidak menggumpal. Jangan lupa mematikan kompor terlebih dahulu ya.
    8. Kukus kembali selama 20 menit.
    9. Adonan lapisan atas yang sudah dibuat bisa kamu tuang di atas kukusan lapisan pisang. Kukus kembali selama 20 menit.
    10. Setelah 20 menit, angkat amparan tatak pisang yang sudah matang. Biarkan dingin terlebih dahulu, sehingga mudah untuk kamu potong dan dapat kamu nikmati.
    Baca Juga  Cara Membuat Kuah Masam Keu Neung dari Aceh

    Related post